Pada tahun 90-an, bahkan hingga pertengahan 2000-an, untuk mencari/mengartikan kata dari bahasa inggris ke bahasa Indonesia maupun sebaliknya,  kita masih harus membuka kamus cetak, menelusuri indeks, lalu menemukan kata yang kita cari. Cara ini adalah cara kuno, yang tidak efisien, memakan ruang dan waktu serta memberatkan mobilitas. Bayangkan saja, kita harus membawa serta kamus dan laptop ketika aktivitas kita menuntut kita harus bekerja di tempat lain. Bayangkan juga, betapa pusingnya ketika sedang membaca kita dihadapkan dengan kata yang kita tidak mengerti, aktivitas kita harus terhenti untuk mengambil kamus, memangkunya, membuka, lalu menemukan kata tersebut.

Untunglah kini ada kamus digital yang dapat membantu kita. Kamus ini hemat tempat, mempercepat pencarian kata, beberapa diantaranya bebas/gratis, dan bahkan dilengkapi dengan fitur pronounce, yang akan membantu pengguna dalam hal bagaimana membunyikan kata dimaksud. Singkat kata, berikut saya sebutkan beberapa aplikasi kamus, yang tentu saja saat ini saya gunakan:

Linguist (komersial)

kamus ini merupakan aplikasi komersial yang jalan di sistem operasi Windows. Sepanjang yang saya ketahui, aplikasi ini merukakan aplikasi generasi pertama untuk kamus bahasa Inggris – Indonesia. Aplikasi termasuk ringan dan stabil, hanya saja tidak gratis 🙂

Kamus v2.04 (freeware)

Aplikasi freeware ini berjalan di sistem operasi Windows dan dapat di download secara gratis di ebsoft. Kamus ini masih menggunakan database yang sama dengan yang digunakan oleh Linguist. Keunggulan kamus ini adalah adanya visual aid berupa emphasizing pada jenis kata, yang tentu saja akan mempermudah pengguna dalam membedakan antara konteks dan penunjuk. Kelebihan lainnya adalah user dapat menambahkan kata baru dalam database kamus.

gKamus v0.3 (free software GPL v2)

aplikasi ini merupakan aplikasi Free Software berlisensi GNU GENERAL PUBLIC LICENSE versi 2, yang berarti aplikasi ini dapat dipakai, dimodifikasi dan disebarluaskan secara bebas, sepanjang mencantumkan lisensi dan kode asli. Aplikasi ini dapat berjalan di sistem operasi Windows dan Linux (RedHad-based, Suse-based, Ubuntu-based and Debian-based Linux). Database yang dipakai masih sama dengan yang digunakan oleh Linguist dan Kamus ebsoft. gKamus dapat didownload di http://gkamus.sourceforge.net/

StarDict (free software GPL v2)

Aplikasi kamus ini merupakan aplikasi kamus favorit saya. Berbeda dengan kamus-kamus yang saya sebutkan sebelumnya, StarDict bisa disebut sebagai one-stop kamus. Bagaimana tidak, StarDict dapat menjalankan beberapa kamus sekaligus, sepanjang kamus-kamus tersebut telah kita pasang/install di database StarDict. Saat ini, pada database StarDict saya pasang 6 kamus berbeda, yaitu:

  1. Oxford Advanced Learner’s Dictionary,
  2. Longman Dictionary of Contemporary English,
  3. Merrian Webster 10th dictionary,
  4. English Etymology,
  5. English Thesaurus dan
  6. English Jargon

Aplikasi tersebutmemiliki banyak fitur, 3 diantara fitur yang sering saya pakai adalah:

  1. Pronounce, menampilkan bagaimana pengucapan dari kata tertentu yang kita pilih dalam bahasa inggris
  2. Fuzzy Query, menampilkan kata yang terdengar mirip dengan kata yang sebang kita cari. Sangat berguna ketika terjadi kesalahan ketik, dan
  3. Scan, berguna ketika kita membaca, namun kita tak ingin kebingungan kita dalam mengartikan kata tertentu terganggu oleh aktivitas membuka kamus. Jika diaktifkan, fitur Scanning akan membeberkan arti dari kata yang dilintasi oleh kursor.

Aplikasi yang tersedia secara bebas dan dapat didownload di http://stardict.sourceforge.net ini tersedia untuk sistem operasi Windows, Linux (deb, rpm, tarball), Mac OS X. Jika tidak salah ingat, aplikasi ini juga menjadi package bawaan salah satu sistem operasi *BSD.

Iklan